Apartemen Kini Jadi Hunian Incaran dan Investasi yang Menjanjikan

Admin SML 14 Dec 2017

RumahCom – Kelewat gaul alias selalu mengikuti tren gaya hidup modern ternyata tidak selamanya bikin sengsara. Sebagai contoh, sebut saja tren tinggal di hunian modern seperti apartemen. Jika Anda jeli, model hunian seperti ini bisa Anda jadikan investasi loh!

Ya, memanfaatkan tren adalah pilihan bisnis yang cerdas. Dan dengan berinvestasi pada apartemen untuk kemudian disewakan maka Anda bisa meraup untung tanpa perlu takut risiko kehilangan investasi awal.

Selain itu ada sejumlah keunggulan apartemen dibandingkan rumah tapakKatakan saja lokasi apartemen biasanya dibangun di daerah yang strategis, berbeda dengan rumah tapak yang biasanya ditawarkan di daerah pinggiran kota. Gunakan kalkulator keterjangkauan jika Anda ingin membandingkan hitung-hitungan cicilan KPA-nya.

Dan berikut adalah sejumlah aspek yang harus Anda perhatikan agar pilihan investasi apartemen ini menghasilkan keuntungan yang tinggi.

1. Pemilihan lokasi

Lokasi apartemen yang diminati adalah yang berada dekat pusat bisnis, kampus, atau minimal memiliki akses yang mudah. Begitu juga dengan akses keluar masuk dari dan ke lingkungan apartemen. Ingat, peminat apartemen umumnya pekerja, professional, dan pebisnis dengan mobilitas yang tinggi.

Kenali juga siapa target market Anda. Jika menyasar ekspatriat, maka pahami dulu kebiasaan dan gaya hidup mereka. Umumnya mereka memiliki komunitas dan cenderung tinggal di lingkungan yang berdekatan.

2. Aspek legalitas

Untuk keamanan cermati juga kelengkapan surat izin apartemen, seperti block plan, izin pendahuluan, IMB, serta sertifikat atas tanah (Hak Guna Bangunan atau HGB). Hal ini agar Anda terhindar dari kerugian sehingga status kepemilikan unit apartemen yang dibeli tidak tersangkut masalah.

Atau untuk amannya manfaatkan saja jasa agen properti yang juga bisa membantu Anda untuk aspek legalitas. Setiap agen properti tentunya juga memiliki spesialisasinya masing-masing, misalnya agen dengan spesialisasi apartemen atau agen yang punya spesialisasi berdasarkan area.

3. Fasilitas yang ditawarkan

Adanya pusat kebugaran (gym), fasilitas olahraga (lapangan; tenis, kolam renang), restoran dan kafe, areal parkir, taman, jumlah lift, dan lain sebagainya, bisa jadi nilai tambah bagi bisnis sewa apartemen Anda. Cek di sini untuk pilihan apartemen yang memiliki fasilitas sport club dengan harga mulai dari Rp200 jutaan!

4. Properti manajemen

Pengelola gedung atau properti manajemen dari apartemen sangat mempengaruhi pelayanan yang diberikan kepada penghuni maupun tamunya. Pengelolaan ini meliputi kualitas kebersihan, keamanan, dan kenyamanan selama tinggal di apartemen tersebut.

Ada cara mudah untuk mengetahuinya, manfaatkan saja review properti yang akan mengulas informasi lengkap apartemen pilihan Anda.

5. Dana

Sesuaikan investasi apartemen dengan bujet Anda. Jangan lupa, alokasikan untuk biaya notaris dan pajak. Jika membeli dengan kredit, utamakan mengambil kredit dari bank yang telah bekerja sama dengan pihak pengembang agar prosedur administrasi lebih ringkas.

Untuk penyewaan unit apartemen dalam kondisi full furnish, harus pula disediakan dana untuk mengisi perlengkapan ruangan interiornya.

6. Return On Investment

Berapa imbal hasil yang Anda harapkan dari investasi apartemen Anda? Karena pendapatan sewa apartemen mirip dengan pendapatan bunga deposito dan kupon bunga obligasi, maka orang biasanya menggunakan patokan bunga deposito sebagai patokan terendah.

Tapi Anda juga bisa mengharapkan ROI lebih tinggi lagi. Alasannya; karena investasi apartemen adalah jangka panjang (lebih dari 5 tahun), jadi Anda juga bisa memakai patokan imbal hasil obligasi pemerintah dengan jangka waktu menengah dan jangka panjang.

Sebagai contoh, jika saat ini deposito berkisar 6% p.a, dan obligasi pemerintah jangka menengah dan jangka panjang 9% – 12%; maka Anda bisa mematok ROI investasi apartemen Anda sesuai atau sedikit lebih tinggi dari patokan tersebut. 

 

Source : https://www.rumah.com/berita-properti/2017/12/166634/apartemen-kini-jadi-hunian-incaran-dan-investasi-yang-menjanjikan

Berita Lainnya